Faktor Yang Berpengaruh Pada Kesehatan Tubuh ?>

Faktor Yang Berpengaruh Pada Kesehatan Tubuh

Faktor Yang Berpengaruh Pada Kesehatan TubuhKesehatan bukan segalanya namun tanpa kesehatan segalanya takkan berarti. Slogan ini sangat tepat untuk jadi refleksi perilaku yang kita lakukan sehari-hari, sebab kita akan mengalami kerugian saat sakit. Waktu produktif yang menjadi berkurang ditambah biaya berobat yang tak sedikit bisa membebani keluarga ataupun sanak saudara yang kita miliki. Menurut Hendrick L Blumm ada 4 faktor yang berpengaruh pada kesehatan tubuh di masyarakat secara umumnya, antara lain faktor lingkungan, perilaku, genetik atau keturunan dan juga pelayanan kesehatan. Dari 4 faktor yang disebutkan sebelumnya pengaruh perilaku memiliki akibat cukup besar dan diikuti oleh pengaruh lingkungan, pelayanan kesehatan dan genetik atau keturunan. 4 faktor ini saling berhubungan dan saling berpengaruh.

4 Faktor Yang Berpengaruh Pada Kesehatan Tubuh Menurut Hendrick L Blumm

Pertama perilaku hidup sehat akan mendukung meningkatnya kesehatan, hal ini dapat dibuktikan dari beragam penyakit yang disebabkan gaya hidup tak sehat. Kebiasaan pola makan sehat bisa mengurangi risiko terkena beberapa penyakit antara lain darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes melitus, obesitas dan lainnya seperti kutipan detik.com. Perilaku mencuci tangan sebelum makan juga mampu mengurangi risiko terkena penyakit saluran pencernaan. Kedua lingkungan yang menerapkan gaya hidup bersih turut serta memiliki peran dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Contohnya pada daerah kumuh dan tak terawat banyak dijumpai masyarakat yang terkena penyakit gatal, infeksi saluran pencernaan dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu ada juga contoh penyakit demam berdarah yang disebabkan karena lingkungan tak bersih.

Beragam penyakit bisa dicegah, namun beberapa tak dapat dihindari seperti penyakit bawaan atau dari keturunan. Semakin banyak masyarakat yang mempunyai risiko penyakit keturunan akan membuat sulit upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Perlu diadakan konseling pernikahan yang baik guna mengurangi risiko penyakit keturunan yang sebenarnya mungkin bisa dicegah. Berikutnya keempat yaitu ketersediaan pelayanan kesehatan dengan kualitas yang baik juga dapat mewujudkan kesehatan yang baik pula. Melalui penyediaan fasilitas kesehatan yang berkualitas secara merata dan terjangkau bagi masyarakat akan membawa kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses fasilitas pelayanan kesehatan tersebut.

Related posts:

Comments are closed.