Mengenal Berbagai Jenis Operasi Katarak ?>

Mengenal Berbagai Jenis Operasi Katarak

Operasi KatarakSaat ini, operasi merupakan salah satu hal yang sangat lazim dilakukan terhadap individu yang mengalami masalah yang cukup serius pada kesehatannya. Operasi dianggap sebagai salah satu jalan pintas yang tentunya lebih cepat untuk mengangkat masalah yang terjadi pada tubuh. Salah satu jenis operasi yang marak dilakukan adalah prosedur operasi katarak. Operasi ini dilakukan untuk menghilangkan masalah yang terjadi di lensa mata yang keruh. Katarak sendiri akan mengakibatkan penderitanya mengalami kekeruhan pada lensa mata yang mengakibatkannya tidak dapat melihat dengan baik. Gangguan yang diakibatkan pada mata kemudian dapat berpengaruh pula pada bagaimana seorang individu melihat dunia, dan jika dibiarkan kondisi katarak yang parah dapat mengakibatkan kebutaan.

Macam-Macam Operasi Katarak

Katarak memang sebuah masalah yang muncul pada pihak yang sudah berusia lanjut. Walaupun begitu, tidak jarang seorang anak kecil atau bahkan bayi yang baru lahir mengalami katarak. Hal ini bisa jadi dikarenakan adanya infeksi yang mengakibatkan seorang menderita katarak. Prosedur operasi yang dijalankan pada penderita dengan masalah katarak sendiri bertujuan untuk menghancurkan atau bahkan mengganti lensa yang keruh untuk kemudian dipasang dengan lensa tanam yang dapat menggantikan lensa mata yang telah keruh tersebut. Namun, pada proses operasi katarak phacoemulsifikasi, lensa mata tidaklah diganti. Sebuah sayatan yang sangat kecil dilakukan di dekat kornea, yang kemudian melaluinya dimasukkan sebuah alat yang dapat bergetar dan menghancurkan lensa yang keruh tersebut.

Tak hanya phacoemulsifikasi, ada lagi tiga prosedur operasi yang dapat dilakukan pada penderita katarak. Pertama, operasi ekstrakapsuler. Operasi ini dilakukan dengan membuat sayatan yang cukup lebar pada lensa mata. Dokter kemudian akan mengambil lensa mata dan menggantinya dengan lensa baru. Yang ke dua adalah operasi dengan sayatan yang minimal. Sama seperti operasi ekstrakapsuler, operasi ini dilakukan dengan melakukan sayatan, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Yang terakhir adalah operasi mata katarak intrakapsuler yang merupakan teknik yang sangat jarang dilaksanakan. Pasalnya, operasi ini dilakukan bagi penderita yang mengalami trauma pada mata. Tak hanya lensa yang diambil pada operasi katarak ini, namun juga kapsul di sekitar lensa tersebut.

Related posts:

Comments are closed.