Model Baju Batik Tulis ?>

Model Baju Batik Tulis

model baju batikSalah satu warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia selain berbagai peninggalan berupa candi juga salah satunya batik yang di tetapkan oleh UNESCO pada tahun 2009 tadi sebagai salah satu warisan dunia. Batik sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu semenjak zaman kerajaan dan pada waktu itu hanya digunakan oleh para kaum bangsawan saja sebagai pakaian mereka. Namun seiring berkembangnya zaman pakaian batik sudah bisa digunakan oleh siapa saja tanpa memadan status. Selain perubahan penggunaan, batik juga mengalami perubahan model baju batik. Pakaian batik yang ada saat ini tentu saja memiliki model yang jauh berbeda dengan baju batik yang ada pada zaman dahulu.

Model Baju Batik Dengan Teknik Tulis

Untuk teknik pembuatan batik sendiri juga mengalami perubahan. Teknik pembuatan batik pertama kali dibuat dengan cara tulis kemudian berubah menjadi teknik cap dan yang terakhir adalah teknik dengan model sablon. Tiap teknik pembuatan itu tentu memiliki tingkat kesulitannya sendiri-sendiri selain itu juga ada ciri khas yang berbeda dari masing-masing teknik sehingga menimbulkan kesan yang berbeda pula. Salah satu teknik yang memiliki tingkat kesulitan yang paling sulit yaitu teknik tulis. Untuk pembuatan kainnya saja sebelum dibuat menjadi baju sesuai dengan model baju batik yang diinginkan, di perlukan waktu sekitar 3 sampai 4 minggu untuk menyelesaikannya.

Lamanya proses pembuatan kainnya saja sebelum dibuat menjadi model baju batik yang siap di pakai di karenakan pembuatan dengan teknik ini dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin sama sekali. Proses pewarnaannya juga terbilang cukup lama sebelum akhirnya mendapatkan warna yang pasti. Para membuat batik tulis ini membuat pola atau motif pada pakaian dengan menggunakan cairan malam yang telah di panaskan sebelumnya. pola yang di hasilkan antara pembuat yang satu dengan lainnya tentu saja berbeda sehingga berdampak pada tidak adanya motif tertentu yang jadi patokan sehingga mereka bebas berkreasi menghasilkan batik tulis sebaik mungkin.

Related posts:

Comments are closed.