Penyemaian Bibit Buah Kakao ?>

Penyemaian Bibit Buah Kakao

bibit buahBuah Kakao, selain sebagai bahan dasar pembuatan cokelat ternyata memiliki manfaat tersendiri dari buahnya. Sayangnya, jarang sekali ada yang menjual buah Kakao untuk dikonsumsi langsung. Untuk bisa menikmatinya, salah satu caranya kita harus menanam pohon Kakao sendiri. Berikut sedikit ulasan mengenai cara menyemai bibit buah Kakao.

Cara Menyemai Bibit Buah Kakao

Selain sebagai bahan baku pembuatan cokelat, dengan melumat biji-biji Kakao kita bisa mendapatkan beberapa manfaat. Di antaranya adalah memperbaiki mood. Buah Kakao dengan kandungan kafein, theobromine, methyl, xanthine, dan phenylathylalanine alami untuk memperbaiki kondisi mood dan menenangkan pikiran kita. Minyak esensial yang terdapat dalam buah Kakao memiliki manfaat untuk mencegah penuaan kulit, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kuku, rambut, dan kulit. Dalam buah Kakao juga terkandung antioksidan dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas. Kandungan flavonoid itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Kandungan theobromin dalam buah Kakao juga dapat mengurangi batuk yang dapat mengganggu produktivitas. Kakao juga dapat mencegah tumor dan kanker dalam tubuh kita. Buah ini juga dapat meningkatkan energi dan menghilangkan rasa lelah. Untuk menyemai bibit buah kakao, caranya sangat mudah.

Cara paling mudah dan paling sering digunakan adalah dengan generatif atau menggunakan biji. Pertama-tama, kita harus menyiapkan biji dari tanaman Kakao yang sehat, kuat, produktif, dan berusia antara 12 – 18 tahun. Campurkan serbuk gergaji atau abu gosok pada biji Kakao, remas-remas menggunakan tangan untuk membersihkan lendirnya. Setelah itu, cuci dengan air. Keringkan selama satu hari. Siapkan bedengan untuk persemaian dengan ukuran lebar 1,2 m dan panjang maksimal 10 m membujur dari Utara ke Selatan. Bersihkan, cangkul sedalam 30 cm. Tambahkan pasir setebal 5 cm.  Naungi bedengan dengan daun kelapa, daun tebu, alang-alang, atau sejenisnya 1,5 m di sebelah timur dan 1,2 m di barat. Rendam benih Kakao dengan formalin 2,5% selama 10 menit. Letakkan benih di lapisan pasir bedengan dengan jarak 2,5 x 5 cm yang mana bagian rata menghadap ke bawah. Tenggelamkan 2/3 bagian benih. Siram bedengan setiap pagi dan sore hari. Dalam waktu 4-5 hari, bibit buah Kakao telah siap dipindahkan ke polybag.

Related posts:

Comments are closed.