Tips dan Cara Budidaya Semut Jepang ?>

Tips dan Cara Budidaya Semut Jepang

budidaya semut jepangDengan banyaknya manfaat yang didapat dari semut Jepang dalam bidang kesehatan memicu banyaknya masyarakat yang menginginkan untuk mempelajari cara budidaya semut Jepang sendiri guna memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk dikomersilkan. Karena banyaknya permintaan pasar pada semut Jepang dan kurangnya semut Jepang di pasaran sehingga Antara permintaan dan penyediaan tidak seimbang sehingga harga semut Jepang pun cukup mahal dibanding semut yang lainnya.

Bagaimana Sih Cara Budidaya Semut Jepang?

Akan tetapi bagi masyarakat awam masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara dan langkah langkah yang harus dilakukan. Sebenarnya sangat mudah untuk mengaplikasikan cara budidaya semut Jepang itu sendiri dan bisa dibuat di rumah kita karena tidak memerlukan lahan ataupun tempat yang besar. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan yang digunakan mulai dari toples ataupun wadah yang memiliki tutup, kapas steril ataupun kapas kecantikan, ragi tapai secukupnya, solder ataupun paku yang dipanaskan dan juga bibit semut Jepang itu sendiri. Langkah kedua jika alangkah lebih mudah jika menggunakan toples sosis karena pada tutupnya sudah ada lubangnya. Jika tidak lubangi tutup toples ataupun wadah yang akan kita gunakan menggunakan solder ataupun paku yang telah dipanaskan banyak lubang sekitar 20 lubang atau sekiranya sudah cukup untuk keluar masuk udara. Langkah ketiga masukan kapas ke dalam toples atau wadah secukupnya sekiranya tidak penuh hanya sebagai tempat bertelur dan berkembang biak untuk semut tersebut. Kemudian masukan ragi ke dalam toples yang berfungsi sebagai makanan untuk semut dan yang terakhir masukan bibit semut Jepang ke dalam toples ataupun wadah lalu tutup wadah tersebut.

Setelah semua langkah langkah sudah dilaksanakan dengan benar wadah yang sudah berisi bibit semut ditempatkan pada tempat yang memiliki suhu kurang dari 30o. Akan lebih baik untuk budidaya semut Jepang ditempatkan pada tempat yang jauh dari sinar matahari, jauh dari hewan yang bisa memakan semut Jepang, diatas rak dan tempat yang lembab sehingga perkembangbiakan lebih optimal dan sesuai dengan yang diinginkan. Itulah tips dan cara budidaya semut jepang, semoga dapat bermanfaat.

Related posts:

Comments are closed.