Tips Merawat Gerigi Pada Mesin Kayu Manual ?>

Tips Merawat Gerigi Pada Mesin Kayu Manual

mesin potong kayuAnda sering mengalami masalah ketika memotong kayu dengan mesin kayu? Atau hasil potongan Anda tidak rapi alias miring? Mungkin Anda tidak ahli dalam memotong kayu. Namun bisa juga karena mesin yang Anda gunakan mengalami masalah seperti rusak atau jarang terawat. Jika hasil potongan kayu jelek karena ketidakahlian Anda dalam memotong kayu, maka solusinya adalah Anda perlu belajar teknik memotong yang benar. Atau Anda bisa latihan memotong kayu sesering mungkin agar terbiasa. Namun jika hal itu terjadi karena mesin potong yang Anda pakai, maka Anda perlu mengetahui penyebab kerusakan itu. Nah dalam artikel ini akan diulas mengenai kerusakan yang terjadi pada mesin dan cara merawatnya. Berikut ini adalah tips merawat gerigi pada mesin potong manual.

Mudahnya Merawat Gerigi Mesin Kayu

Mesin kayu yang jarang dirawat biasanya akan mengalami kerusakan. Misalnya macet ketika sedang digunakan untuk memotong, tidak bisa dihidupkan, atau kurang tajam untuk memotong. Namun biasanya para pemotong kayu mengalami permasalahan berupa tidak ratanya hasil potongan. Atau bahkan juga miring ketika sedang dipotong. Permasalahan seperti ini  sebenarnya dapat dilihat dari pisau mesin atau gerigi mesin pemotong. Ada dua penyebab kemungkinan terjadinya kerusakan baik pada pisau potong atau gerigi. Kerusakan yang pertama disebabkan karena kurang intensifnya pengecekan alat. Maka Anda perlu mengeceknya sesering mungkin  agar tahu kondisi ketajaman pisau atau geriginya. Sedangkan penyebab kemungkinan yang kedua adalah karena mesin terlalu lama digunakan sehingga panas dan terbakar. Ketika terbakar itulah, gerigi akan meliuk dan otomatis ketika digunakan untuk memotong maka kayu akan tidak rata dan bisa miring. Semakin tebal kayu yang dipotong, maka tekanan mesin akan semakin besar.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, Anda dapat menggunakan pisau mesin yang lebih tebal sesuai dengan ketebalan kayu. Sehingga ketika memotong kayu, tekanan tidak terlalu besar dan mesin tidak mengalami kerusakan. Selain itu pegangan untuk mesin kayu juga diharapkan dipasang dengan baik agar nyaman digunakan.

Related posts:

Comments are closed.